ANALISA PENGEMBANGAN PRODUK GULA AREN DI KABUPATEN PURWOREJO

Agus Dwi Atmoko

Abstract


Gula Aren sangat menunjang perekonomian masyarakat di pedesaan dan memiliki pasaran cerah baik di dalam atau di luar negeri, maka diperlukan suatu kondisi yang dapat menimbulkan rangsangan untuk memproduksinya. Tujuan dari pengrajin gula aren adalah untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari pohon aren yang dimiliki. Salah satu alat yang dapat mendukung peningkatan produksi tersebut yaitu lembaga pemasaran. Peningkatan produksi tanpa adanya lembaga pemasaran yang dapat menunjang produksi dengan harga yang layak dapat mengurangi keinginan pengrajin gula aren untuk berproduksi. Faktor pendorong pengrajin yang efektif dalam meningkatkan produksi antara lain adalah tingkat harga yang menguntungkan dan stabilitas harga di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran produksi gula aren, menganalisis tingkat fluktuasi harga, efisiensi pemasaran gula aren melalui marjin pemasaran dan menganalisis jenis pasar. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Purworejo,penentuan lokasi dilakukan di tempat Produksi, Pengepul, Penjual, Pemasok, Pemasar, dan Pemerintah. Dengan asumsi bahwa tempat tersebut merupakan daerah yang mempunyai potensi yang cukup besar dalam usaha produksi gula aren dan rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai pengrajin gula aren. Metode pengambilan sample dengan menggunakan tehnik snow ball sampling, yaitu pengambilan sampel dimana sampel pertama dilakukan dengan cara acak sederhana, sedangkan sampel berikutnya ditentukan berdasarkan alur pergerakan komoditas gula aren. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Metode penganalisa data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu: analisis diskriptif, yang digunakan untuk mengetahui gambaran saluran pemasaran gula aren dari petani ke konsumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dinamika Sosial Ekonomi